Posted on: Rabu, 19 Desember 2012

Tentang


Gerakan Endemik Royo-royo

Gerakan Endemik Royo-royo (GER) adalah aksi mendukung pembangunan berkelanjutan melalui konservasi flora endemik daerah setempat.Gerakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam sektor perekonomian, kesehatan, dan edukasi melalui gerakan konservatif hijau.

GER dalam Upaya Mitigasi Pemanasan Global

Sebenarnya GER memiliki tujuan yang sama seperti gerakan penghijauan lainnya, dalam mengurangi tingkat emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon yang notabene memicu pemanasan global. Hanya saja, tanaman yang dijadikan sebagai objek penghijauan adalah tanaman endemik daerah. Selain penghijauan, GER juga bergerak dalam lingkup-lingkup lain seperti ; tanah, pengajaran atau sosialisasi, hingga upaya riset.

Mengapa Flora Endemik?

GER juga memiliki tujuan untuk menjaga varietas flora endemik di Indonesia yang semakin menurun jumlahnya. Selain itu langkah menkonservasi flora endemik daerah juga memiliki tujuan untuk mengembangkan eco-wisata di daerah setempat. Karena setiap daerah memiliki flora endemik dengan keunikan tersendiri, hal ini dilakukan dengan maksud mengembangkan sektor pariwisata daerah.

Program-program GER 

GER tidak hanya bergerak di bidang lingkungan, namun juga edukasi, sosial, dan riset. Untuk beberapa waktu mendatang, GER akan mengadakan beberapa program diantaranya :

1. Yang Muda, Yang Peduli Endemik
Acara pelatihan bagaimana menanam tumbuhan endemik yang menyenangkan pada anak-anak. Dan memberikan wawasan tentang pemanasan global dan cara menanggulanginya melalui menanam.

2. Sekolah Endemik
Mengajak serta seluruh warga sekolah untuk peduli dengan eksistensi tanaman endemik melalui aksi-aksi hijau seperti; pengolahan limbah organik untuk dijadikan kompos, penanaman lahan sekolah, dan juga sosialisasi GER.

3. Kampung Endemik
Menanam lahan desa dengan tanaman - tanaman endemik. Selain itu juga pembagian bibit dan sosialisasi mengenai arti penting menanam flora endemik.

4. One Man, One Biopori
Pembuatan lubang resapan atau biopori untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tanam masyarakat.

5. Riset
    Meneliti media tanam yang sederhana, namun memiliki efektifitas yang tinggi

GER menerima segala bentuk bantuan, mulai dari finansial hingga bantuan tenaga. Bagi anda yang berminat untuk memberikan bantuan terhadap aksi ini, dapat menghubungi kami melalui kontak yang ada.